ANALISIS/PEMETAAN SK – KD
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : XI
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Tingkatan Ranah KD | Indikator Pencapaian | Tingkatan Ranah IPK | Materi Pokok | Ruang Lingkup | Alokasi Waktu | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||||||
1.Memahami ayat-ayat Al- Qur’an tentang kompetisi dalam kebaikan | 1.1 Membaca QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32 1.2 Menjelaskan arti QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32 1.3 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32 1.4 Menampilkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti terkandung dalam QS. al Baqarah : 148 dan QS. al Fatir : 32 | C1 C5 C5 C5 | 1.1.1.Mampu membaca Q.S. Al-Baqarah: 148 dan Fātir: 32 dengan baik & benar. 1.1.2.Mampu mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 1.2.1.Mampu mengartikan per kata & per ayat dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 1.2.2.Mampu menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 1.1.1.Mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan sesuai dengan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 1.1.2.Mampu menunjukkan perilaku berkompetisi dalam kebaikan seperti yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. | C1 C1 C1 C1 C1 A5 | a. Al-Qur'an Surah Al-Baqarah, 2: 148 tentang anjuran berlomba dalam kebaikan. · Bacaan dan penjelasan bacaan. · Terjemahan per kata, per ayat, dan terjemahan ayat-ayat. · Kesimpulan dan pengeluaran. b. Surah Fātir, 35: 32 tentang adanya tiga kelompok umat Islam. · Bacaan dan penjelasan bacaan. · Terjemahan per kata, per ayat, dan terjemahan ayat-ayat. · Kesimpulan dan penjelasan. | ü | | | | | 8 x 45 Menit |
2. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menyantuni kaum Dhu’afa | 2.1 Membaca Qs. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177 2.2 Menjelaskan arti QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177 2.3 Menampilkan perilaku menyantuni kaum Dhu’afa seperti terkandung dalam QS. al Isra : 26-27 dan QS. al Baqarah : 177 | C1 C5 C5 | 2.1.1.Mampu membaca dengan baik dan benar Q.S. Al-Isrā’: 26–27 dan Surah Al-Baqarah: 177. 2.1.2.Mampu mengidentifikasi tajwid dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 2.2.1.Mampu mengartikan per kata dan per ayat dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 2.2.2.Mampu menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 2.1.1.Mampu mengidentifikasi dan mempraktekkan perilaku menyantuni kaum duafa. 2.1.2.Mampu menunjukkan perilaku menyantuni kaum duafa seperti yang terkandung dalam ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. | C1 C1 C1 C1 C1 A5 | a. Surah Al-Isrā’: 26–27 tentang anjuran membantu kaum duafa. Ø Bacaan dan penjelasan bacaan. Ø Terjemahan harfiah dan terjemahan ayat. Ø Kesimpulan dan penjelasan. b. Surah Al-Baqarah: 177 tentang anjuran menyantuni kaum duafa. Ø Bacaan dan penjelasan bacaan. Ø Terjemahan harfiah dan terjemahan ayat. Ø Kesimpulan dan penjelasan. | | | | | | 8 x 45 Menit |
3. Meningkatkan keimanan kepada Rasul rasul Allah | 3.1 Menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasulrasul Allah 3.2 Menunjukkan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah 3.3 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Rasul-rasul Allah dalam kehidupan sehari-hari | C5 A5 C5 | 3.1.1.Mampu menjelaskan tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah. 3.1.2.Mampu mengidentifikasi tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah. 3.2.1.Mampu menjelaskan contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah. 3.2.2.Mampu mengidentifikasi contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah. 3.1.1.Mampu menunjukkan perilaku yang mencerminkan beriman kepada Rasul-rasul Allah. 3.1.2.Mampu meneladani sifat mulia Rasul-rasul Allah SWT. 3.1.3. Mampu membaca dan menghafal serta mempraktikkan zikir maulid Nabi Saw | C5 C1 C1 C1 A5 A5 C1 | Ø Pengertian iman kepada Rasul-rasul Allah. Ø Tanda-tanda beriman kepada Rasul-rasul Allah. Ø Contoh-contoh perilaku beriman kepada Rasul-rasul Allah. Ø Teks bacaan zikir maulid Nabi Saw | | | | | | 4 x 45 Menit |
4. Membiasakan berperilaku terpuji | 4.1 Menjelaskan pengertian taubat dan raja’ 4.2 Menampilkan contoh-contoh perilaku taubat dan raja’ 4.3 Membiasakan perilaku bertaubat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari | C5 C5 C3 | 4.1.1.Mampu menjelaskan pengertian tobat. 4.1.2.Mampu menjelaskan pengertian raja’. 4.2.1.Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku tobat. 4.2.2.Mampu menunjukkan contoh-contoh perilaku raja’. 4.1.1.Terbiasa berperilaku tobat dan raja’ dalam kehidupan sehari-hari. | C5 C5 A5 A5 A5 | Materi pokok: Berperilaku Terpuji. Uraian materi pokok: 1. Tobat · Pengertian tobat, hukum, dan alasan hukumnya. · Contoh-contoh perilaku tobat. · Syarat-syarat tobat. · Membiasakan diri berperilaku tobat. 2. Raja’ · Pengertian raja’. · Contoh-contoh perilaku raja’. · Membiasakan berperilaku raja’. | | | | | | 6 x 45 Menit |
5.Memahami hukum Islam tentang Mu’amalah | 5.1 Menjelaskan azas-azas transaksi ekonomi dalam Islam 5.2 Memberikan contoh transaksi ekonomi dalam Islam 5.3 Menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam kehidupan sehari-hari | C5 C1 C3 | 5.1.1.Mampu menjelaskan pengertian muamalah dan asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam. 5.1.2.Mampu menjelaskan prinsip dasar (asas-asas) yang ditetapkan syara’. 5.2.1.Mampu memberikan contoh-contoh transaksi ekonomi dalam Islam dan mempraktekkannya. 5.1.1.Mampu menerapkan transaksi ekonomi Islam dalam: jual beli, simpan pinjam, ijarah, dan kerja sama ekonomi dalam Islam. 5.1.2.Mampu menjelaskan hikmah penerapan transaksi ekonomi Islam dalam jual beli, simpan pinjam, ijarah, dan kerja sama ekonomi dalam Islam. | C5 C5 C1 C3 C5 | Materi pokok: Hukum Islam tentang Muamalah. Uraian materi pokok: 1. Pengertian muamalah. 2. Asas-asas transaksi ekonomi dalam Islam. 3. Penerapan transaksi ekonomi Islam dalam 1) jual beli, 2) simpan pinjam, 3) ijarah, 4) kerja sama ekonomi Islam yaitu syirkah, mudarabah, muzara’ah, mukhabarah, musaqah, sistem perbankan yang islami, dan sistem asuransi yang islami. | | | | | | 4 x 45 Menit |
6.Memahami perkembangan Islam pada abad pertengahan (1250 – 1800) | 6.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada abad pertengahan 6.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada abad pertengahan | C5 C1 | 6.1.1 Mampu menjelaskan perkembangan ajaran Islam, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan pada Abad Pertengahan. 6.1.2 Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada Abad Pertengahan. 6.1.3 Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada Abad Pertengahan. 6.1.1.Mampu menjelaskan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada Abad Pertengahan. 6.1.2.Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada Abad Pertengahan. 6.1.3.Mampu menjelaskan tentang biografi Syekh Nuruddin Ar-Raniry sebagai salah seorang tokoh Islam | C5 C5 C1 C5 C5 C5 | Materi pokok: Perkembangan Islam pada Abad Pertengahan Uraian materi pokok: 1.Sekilas tentang dunia Islam pada Abad Pertengahan. 2.Perkembangan ajaran Islam pada Abad Pertengahan. 3.Perkembangan ilmu pengetahuan pada Abad Pertengahan. 4.Perkembangan kebudayaan Islam pada Abad Pertengahan. 5.Biografi Syekh Nuruddin Ar-Raniry sebagai salah seorang tokoh Islam | | | | | | 4 x 45 Menit |
7. Memahami ayat-ayat al Qur’an tentang perintah menjaga kelestarian lingkungan hidup | 7.1 Membaca QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27 7.2 Menjelaskan arti QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan QS Ash Shad: 27 7.3 Membiasakan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup seperti terkandung dalam QS. al Rum: 41-42, QS Al-A’raf: 56-58, dan Shad: 27 | C1 C1 C5 | 7.1.1.Mampu membaca dengan benar dan baik Q.S. Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27. 7.1.2.Mampu mengidentifikasi tajwid dengan benar dari ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 7.2.1.Mampu mengertikan per kata, per ayat, dan menerjemahkan ayat-ayat Al-Qur'an tersebut. 7.1.1.Mampu mengidentifikasi, mempraktekkan, dan menujukkan perilaku menjaga kelestarian lingkungan hidup. 7.1.2.Mampu mempraktikkan perilaku menjaga kebersihan untuk kelestarian lingkungan | C1 C1 C1 C1 P1 | Materi pokok: Al-Qur'an Surah Ar-Rūm: 41–42, Surah Al-‘Araf: 56–58, dan Surah Sād: 27. Uraian materi pokok: 1.Surah Ar-Rūm: 41-42 tentang larangan berbuat kerusakan di bumi. · Bacaan dan penjelasan bacaan. · Terjemahan harfiah dan terjemahan ayat. · Kesimpulan dan penjelasan. 2.Surah Sād: 27 tantang keburukan kaum yang berbuat kerusakan di bumi. · Bacaan dan penjelasan bacaan. · Terjemah harfiah dan terjemahan ayat. · Kesimpulan dan penjelasan. 3.Surah Sād: 27 tantang keburukan kaum yang berbuat kerusakan di bumi. · Bacaan dan penjelasan bacaan. · Terjemah harfiah dan terjemahan ayat. 4.Kebersihan sekolah dan tempat ibadah. · Melaksanakan kebersihan sekolah. · Melaksanakan kebersihan mushalla sekolah. · Melaksanakan kebersihan mesjid terdekat. Kesimpulan dan penjelasan | | | | | | 4 x 45 Menit |
8. Meningkatkan keimanan kepada Kitab-kitab Allah | 8.1 Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap Kitab-kitab Allah 8.2 Menerapkan hikmah beriman kepada Kitab-kitab Allah | C5 C5 | 8.1.1.Mampu menjelaskan pengertian iman kepada kitab-kitab Allah. 8.1.2.Mampu menunjukkan perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah. 8.1.1.Mampu menjelaskan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah. 8.1.2.Mampu menerapkan hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah. | C5 A5 C5 C5 | Materi pokok: Iman kepada Kitab-kitab Allah. Uraian materi pokok: 1.Pengertian iman kepada kitab-kitab Allah. 2.Sikap perilaku beriman kepada kitab-kitab Allah. 3.Hikmah beriman kepada kitab-kitab Allah. | | | | | | 6 x 45 Menit |
9. Membiasakan perilaku terpuji | 9.1 Menjelaskan pengertian dan maksud menghargai karya orang lain 9.2 Menampilkan contoh perilaku menghargai karya orang lain 9.3 Membiasakan perilaku menghargai karya orang lain dalam kehidupan sehari-hari | C5 C5 C5 | 9.1.1. Mampu menjelaskan pengertian dan maksud perilaku menghargai menghargai karya orang lain. 9.1.2. Mampu menghargai karya orang lain. 9.2.1. Mampu menampilkan beberapa contoh perilaku menghargai karya orang lain. 9.2.2. Mampu menunjukkan contoh perilaku menghargai karya orang lain. 9.1.1. Mampu menunjukkan perilaku menghargai karya orang lain. 9.1.2. Mampu membiasakan perilaku menghargai karya orang lain. | C5 A1 C5 A5 A5 C5 | Materi pokok: Berperilaku Terpuji. Uraian materi pokok: 1.Etika Islam dalam berkarya dan tujuannya. 2.Maksud perilaku mengahrgai karya orang lain. 3.Sikap menghargai hasil karya orang lain. | | | | | | 6 x 45 Menit |
10. Menghindari perilaku tercela | 10.1 Menjelaskan pengertian dosa besar 10.2 Menyebutkan contoh perbuatan dosa besar 10.3 Menghindari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari | C5 C1 C3 | 10.1.1. Mampu menjelaskan pengertian dosa besar dan pengertian dosa besar. 10.2.1. Mampu menyebutkan contoh-contoh perbuatan dosa besar. 10.2.2. Mampu menyebutkan ciri-ciri perbuatan dosa besar. 10.1.1. Mampu menjelaskan cara-cara menghindari perbuatan dosa besar. 10.1.2. Mampu menghindarkan diri dari perbuatan dosa besar dalam kehidupan sehari-hari. | C5 C1 C1 C5 A3 | Materi pokok: Perilaku Tercela Uraian materi pokok: 1. Pengertian dosa dan dosa besar. 2. Contoh-contoh perbuatan dosa besar. 3. Menghindari perbuatan dosa besar. | | | | | | 6 x 45 Menit |
11. Memahami ketentuan hukum Islam tentang pengurusan jenazah | 11.1 Menjelaskan tatacara pengurusan jenazah 11.2 Memperagakan tatacara pengurusan jenazah | C5 P1 | 11.1.1 Mampu menjelaskan tata cara memandikan jenazah. 11.1.2 Mampu menjelaskan tata cara mengkafani jenazah. 11.1.3 Mampu menjelaskan tata cara menyalatkan jenazah. 11.1.4 Mampu menjelaskan tata cara menguburkan jenazah. 11.1.1. Mampu menjelaskan tata cara memandikan, mengkafani, menyalatkan, dan menguburkan jenazah. 11.1.2. Mampu mempraktikkan tata cara membaca do’a samadiah | C5 C5 C5 C5 C5 P1 | Materi pokok: Perawatan Jenazah Uraian materi pokok: 1. Takziah dan ziarah kubur. 2. Perawatan jenazah · Memandikan jenazah · Mengkafani jenazah · Menyalatkan jenazah · Menguburkan jenazah 3. Do’a samadiah | | | | | | 8 x 45 Menit |
12. Memahami khutbah, tabligh dan dakwah | 12.1 Menjelaskan pengertian khutbah, tabligh dan dakwah 12.2 Menjelaskan tatacara khutbah, tabligh dan dakwah 12.3 Memperagakan khutbah, tabliqh dan dakwah | C5 C5 P1 | 12.1.1. Mampu menjelaskan pengertian khotbah. 12.1.2. Mampu menjelaskan pengertian tablig dan dakwah. 12.2.1. Mampu menjelaskan tata cara khotbah yang benar dan baik. 12.2.2. Mampu menjelaskan tata cara tablig dan dakwah yang benar dan baik. 12.1.1. Mampu menyusun teks khotbah dan dakwah. 12.1.2. Mampu memperagakan khotbah, tablig, dan dakwah. 12.1.3. Mampu memperagakan tata cara kuliah tujuh menit (KULTUM) | C5 C5 C5 C5 C5 P1 P1 | Materi pokok: Khotbah, Tablig, dan Dakwah. Uraian materi pokok: 1. Pengertian khotbah, tablig, dan dakwah. 2. Ketentuan khotbah, tablig, dan dakwah. · Ketentuan khotbah Jumat. · Ketentuan tablig dan dakwah. · Perbedaan khotbah, tablig, dan dakwah. · Cara menyusun teks khotbah Jumat dan dakwah. 3. Pengertian kultum dan ketentuannya. | | | | | | 6 x 45 Menit |
13. Memahami perkembangan Islam pada masa modern (1800-sekarang) | 13.1 Menjelaskan perkembangan Islam pada masa modern 13.2 Menyebutkan contoh peristiwa perkembangan Islam pada masa modern | C5 C1 | 13.1.1. Mampu menjelaskan perkembangan ajaran Islam, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan pada Masa Modern. 13.1.2. Mampu menjelaskan manfaat dari sejarah perkembangan Islam pada Masa Modern. 13.1.1. Mampu menyebutkan beberapa contoh peristiwa perkembangan Islam pada Masa Modern. 13.1.2. Mampu menjelaskan manfaat dari contoh peristiwa perkembangan Islam pada Masa Modern. | C5 C5 C1 C5 | Materi pokok: Perkembangan Islam pada Masa Modern Uraian materi pokok: 1. Sekilas tentang dunia Islam pada Masa Modern. 2. Perkembangan ajaran Islam pada Masa Modern. 3. Perkembangan ilmu pengetahuan pada Masa Modern. 4. Perkembangan kebudayaan Islam pada Masa Modern. 5. Hikmah mempelajari perkembangan Islam pada Masa Modern. | | | | | | 6 x 45 Menit |
Ruang Lingkup:
1. Al-Qur’an Hadist
2. Aqidah
3. Akhlak
4. Fiqih
5. Tarikh dan Kebudayaan Islam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar