Senin, 24 Januari 2011

ARTIKEL

i
IDENTIFIKASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DAN KENAKALAN REMAJA DI SMA SHALAHUDDIN KOTA MALANG KARYA TULIS ILMIAH
Oleh : DWI HANDAYANI SUROSO 05010051 PROGRAM DIPLOMA III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
JULI, 2009i
IDENTIFIKASI LAYANAN BIMBINGAN KONSELING DAN KENAKALAN REMAJA DI SMA SHALAHUDDIN KOTA MALANG KARYA TULIS ILMIAH Diajukan Kepada Program Diploma III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Dalam Menyelesaikan Program Ahli Madya Keperawatan Oleh : Dwi Handayani Suroso 05010051 PROGRAM DIPLOMA III KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG
JULI, 2009 ii iii iv v vi
KATA PENGANTAR Alhamdulillah, segala puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ”Identifikasi Layanan Bimbingan Konseling Dan Kenakalan Remaja di SMA Shalahuddin Kota Malang” ini tepat pada waktunya. Shalawat dan salam penulis panjatkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW, Keluarga, Sahabat serta Pengikutnya yang setia hingga akhir jaman. Karya Tulis Ilmiah ini disusun sebagai salah satu syarat dalam menyelesaikan pendidikan Ahli Madya Keperawatan di Program Diploma III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang. Penyusunan Karya Tulis Ilmiah ini tidak lepas dari berbagai pihak yang telah memberikan bantuan, tenaga, semangat dan pikiran. Oleh karena itu Penulis ingin mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada yang saya hormati, hargai dan sayangi :
1. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang yang telah memberikan rekomendasi untuk melaksanakan studi pendahuluan dan penelitian di SMA Shalahuddin Kota Malang
2. Ibu Tri Lestari Handayani, S.Kep, M.Kep, Mat selaku Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang
vii

3. Bapak Drs. H. Sapilin selaku Kepala SMA Shalahudin yang telah memberikan ijin untuk melaksanakan studi pendahuluan dan penelitian di SMA Shalahudin Kota Malang
4. Bapak Yoyok Bekti Prasetyo, M.Kep, Sp.Kom selaku Pembantu Dekan I dan Pembimbing I Karya Tulis Ilmiah Program Diploma III Keperawatan FIKES Universitas Muhammadiyah Malang
5. Bapak Rohmah Susanto, S.Kep.Ns selaku Kepala Program Diploma III Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Malang
6. Ibu Iin Susana, S.Kep.Ns dan Ibu Ririn Harini, S.Kep.Ns selaku Pembimbing II Karya Tulis Ilmiah Program Diploma III Keperawatan FIKES Universitas Muhammadiyah Malang
7. Bapak Fauzi selaku pembimbing studi pendahuluan dan penelitian di SMA Shalahudin Kota Malang
8. Ibu Titik A, AMK selaku Wali Kelas dan dosen di Program Diploma III Keperawatan FIKES Universitas Muhammadiyah Malang
9. Semua Bapak/Ibu Dosen di Program Diploma III Keperawatan FIKES Universitas Muhammadiyah Malang
10. Keluarga besar saya yang sangat saya sayangi dan cintai, yang selalu memberikan bantuan moril, material, doa dan kasih sayang yang tak terhingga, serta motivasi dalam menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini
11. Semua rekan-rekan mahasiswa khususnya angkatan 2005 dan 2006 serta semua pihak yang telah memberikan dukungan, saran, kritik dan bantuan
viii
Penulis menyadari bahwa Karya Tulis Ilmiah ini jauh dari sempurna, untuk itu penulis tidak menutup diri untuk menerima masukkan dari semua pihak baik berupa kritik maupun informasi baru yang berguna untuk penelitian lebih lanjut. Akhir kata penulis berharap semoga Karya Tulis Ilmiah ini dapat berguna dan bermanfaat bagi semua pihak yang membutuhkan. Malang, 28 Juli 2009 Penulis ix

Pendidikan merupakan perlengkapan paling baik untuk hari tua

Orang yang mengatakan tidak punya waktu adalah orang yang pemalas

Ilmu adalah cahaya dan kehidupan dalam hatimu, dan rahmat serta ampunan setelah kematianmu

Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh, mereka itu adalah sebaik-baik makhluk

Kesehatan selalu tampak lebih berharga setelah kita kehilangannya

Setetes tinta bisa menggerakkan sejuta manusia untuk berfikir

“Yenny_Ziy” x
PERSEMBAHAN Persembahan ini tak lupa yg terpenting kepada-MU ALLAH SWT yg memberikan rahmat, hidayah, perlindungan, mengabulkan semua permohonan_Q, memberi_Q kesehatan hingga akhirnya aku bisa menyelesaikan TA and kuliah ini...Amien.. Persembahan terbesar_Q tuk Ayahanda “Suroso” tercinta....hanya Ayahanda yg bisa ngerti Yenny hingga bisa selesai studi ini. Terima kasih atas semua cinta&kasih sayang, do‟a, dukungan baik moral maupun materi..teruntuk pula Mama Ona dan Mbah Ilah tersayang. Yenny cinta&sayang kalian..Yenny harap kalian selalu ada untuk_Q, maafin kesalahan Yenny Almarhummah Mama Erwin yg sudah melahirkan aku hingga ada di dunia ini..do‟a_Q selalu untukmu..terima kasih mama... Chayank_Q PapaTheRull..yg selalu ada di si2_Q, makasih rasa cinta&sayangmu, do‟a, dukunganmu.. Teruntuk malaikat kecil_Q yg cantik& maniz..aku cinta kamu Zeva, Ade_Q yang manizz..aku sayang kamu, Abang_Q..meski sering berantem, aku sayang kamu& makasih rasa cintamu to Ade_mu ini Teruntuk Mbah Uty..yg selalu memberi do‟a ditiap langkah_Q, M‟ Risa, Vio (my nephew)&kakak2 -(m‟ Niken, m‟ Wied), ponakan2_Q ....”gak bisa disebutin satu2” Bapak, Ibu, kak Meme, kak Wied yg selalu mendengarkan curhat_Q..kak Yuli, kak Edi..makasih do‟a&dukungan kalian, ponakan2_Q.. Teruntuk MJF_5 family..Ibu Tri (makasih sudah mengantarku beli kebaya), bapak Dedi, Mega, Fadil..X-an keluarga terdekat_Q di Malang, yg selalu ada untuk_Q&genting family yg selalu membantuku dalam apapun (aku sangat bahagia bisa mengenal X-an) Soulmate_Q..Lia, Nung, Qiqit, Meme, Dede (walau gak pernah hubungi_Q) maafin semua salah_Q, makasih tetep menjadi sahabat untuk_Q.. banyak kenangan diantara qita sobat..ILU 4-ever. Sahabat_Q SMA..Indri (kamu yang tak pernah lupa aku), Prima, Aji, TC, Temmy, Pandu..makasih dukungan&do‟a X-an. BSG_11 (m‟ Phi, m‟ Sinta, m‟ Noy, Cemet, T_yul&semua)...IMzUAll Almamater_Q ‟05 (special B class)..aku rindu kalian, Almamater_Q „06..kelompok 13&PKMD Kedung Kandang (Ino, Arum, Siti, Siska, Sisko, (Arie “special travel bike&thank‟s for CPU”) and the all)..makasih udah jadi temen_Q Makasih buat semuanya hingga KTI ini akhirnya terselesaikan juga.....Alhamdulillah. THANK’S FOR ALL....!!!! xi xii
DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL .................................................................................. i HALAMAN PERSETUJUAN PROPOSAL .............................................. ii HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL ............................................... iii HALAMAN PERSETUJUAN KARYA TULIS ILMIAH......................... iv HALAMAN PENGESAHAN KARYA TULIS ILMIAH .......................... v KATA PENGANTAR ................................................................................ vi MOTTO ...................................................................................................... ix PERSEMBAHAN ...................................................................................... x ABSTRAK .................................................................................................. xi ABSTRACT ............................................................................................... xii SURAT PERNYATAAN ........................................................................... xiii DAFTAR ISI ............................................................................................... xiv DAFTAR GAMBAR .................................................................................. xvii DAFTAR TABEL ....................................................................................... xviii DAFTAR LAMPIRAN .............................................................................. xix BAB II. PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang ..................................................................... 1 1.2 Rumusan Masalah ............................................................... 5 1.3 Tujuan Penelitian ................................................................ 5 1.3.1 Tujuan Umum ............................................................ 5 1.3.2 Tujuan Khusus .......................................................... 5 1.4 Manfaat Penelitian .............................................................. 5 1.5 Relevansi Penelitian ............................................................ 6 1.6 Batasan Penelitian ............................................................... 7 BAB II. TINJAUAN KEPUSTAKAAN 2.1 Konsep Konseling ............................................................... 8 2.1.1 Bimbingan Terhadap Peserta Didik ........................... 15 xiii
2.1.2 Peranan Kepala Sekolah ........................................... 16 2.2 Konsep Remaja dan Kenakalan Remaja .............................. 19 2.2.1 Remaja ..................................................................... 19 2.2.2 Kenakalan Remaja .................................................... 25 2.3 Kerangka Konsep ................................................................ 45 BAB III . METODE PENELITIAN 3.1 Rancangan Penelitian .......................................................... 46 3.2 Kerangka Kerja ................................................................... 47 3.3 Identifikasi Variabel ............................................................ 47 3.4 Definisi Operasional ........................................................... 48 3.5 Sampling Desain ................................................................. 48 3.5.1 Populasi ................................................................... 48 3.5.2 Sampel ..................................................................... 49 3.5.3 Teknik Sampling ...................................................... 50 3.6 Pengumpulan Data dan Analisa Data .................................. 50 3.6.1 Pengumpulan Data ................................................... 50 3.6.2 Teknik Analisa Data ................................................ 52 3.7 Etika Penelitian .................................................................... 53 3.8 Keterbatasan ........................................................................ 54 BAB IV. HASIL DAN PEMBAHASAN 4.1 Hasil Penelitian .................................................................... 56 4.1.1 Data Umum ............................................................... 56 4.1.1.1 Karakteristik Responden................................. 56 4.1.2 Data Khusus .............................................................. 57 4.1.2.1 Identifikasi Layanan BK ................................. 57 4.1.2.2 Identifikasi Prinsip-Prinsip BK ....................... 58 4.1.2.3 Identifikasi Asas-Asas BK .............................. 59 4.1.2.4 Identifikasi Perilaku Merokok ......................... 60 4.1.2.5 Identifikasi Pemakaian Narkoba ..................... 61 4.1.2.6 Identifikasi Perilaku Seks Bebas ..................... 62 xiv
4.2 Pembahasan ......................................................................... 63 4.2.1 Kegiatan Layanan BK ............................................... 63 4.2.2 Prinsip-Prinsip BK .................................................... 64 4.2.3 Asas-Asas BK ........................................................... 65 4.2.4 Perilaku Merokok Siswa ............................................ 66 4.2.5 Pemakaian Narkoba Siswa ........................................ 67 4.2.6 Perilaku Seks Bebas Siswa ........................................ 68 BAB II. KESIMPULAN DAN SARAN 5.1 Kesimpulan .......................................................................... 70 5.2 Saran ................................................................................. 70 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN xv
DAFTAR GAMBAR Gambar 2.1 Diagram Masalah Peserta Didik ................................................. 15 Gambar 2.2 Kerangka Konsep Penelitian Identifikasi Layanan Bimbingan Konseling dan Kenakalan Remaja di SMA Shalahuddin Kota Malang .......... 45 Gambar 3.3 Kerangka Kerja Identifikasi Layanan Bimbingan Konseling dan Kenakalan Remaja di SMA Shalahuddin Kota Malang.................................. 47 xvi
DAFTAR TABEL Tabel 3.1 Tabel Definisi Operasional Penelitian Identifikasi Layanan Bimbingan Konseling dan Kenakalan Remaja di SMA Shalahuddin Kota Malang .......... 48 Tabel 4.1 Distribusi Frekuensi Responden Berdasarkan Umur, Jenis Kelamin, dan Kelas di SMA Shalahuddin Kota Malang, Tahun 2009 ................................. 56 Tabel 4.2 Kegiatan Layanan BK di SMA Shalahuddin Kota Malang, Tahun 2009 ................................................................................................... 57 Tabel 4.3 Prinsip-Prinsip BK di SMA Shalahuddin Kota Malang, Tahun 2009 ................................................................................................... 58 Tabel 4.4 Asas-Asas BK di SMA Shalahuddin Kota Malang, Tahun 2009 ................................................................................................... 59 Tabel 4.5 Perilaku Merokok di SMA Shalahuddin Kota Malang, Tahun 2009 ................................................................................................... 60 Tabel 4.6 Pemakaian Narkoba di SMA Shalahuddin Kota Malang, Tahun 2009 .................................................................................................. 61 Tabel 4.7 Perilaku Seks Bebas di SMA Shalahuddin Kota Malang, Tahun 2009 ................................................................................................... 62 xvii
DAFTAR LAMPIRAN Lampiran 1 : Surat Permohonan Studi Pendahuluan Lampiran 2 : Surat Rekomendasi Pelaksanaan Penelitian Lampiran 3 : Surat Keterangan Telah Melakukan Penelitian Lampiran 4 : Lembar Persetujuan Sebagai Subyek Penelitian Lampiran 5 : Kisi-kisi Quesioner Lampiran 6.a : Lembar Quesioner Lampiran 6.b : Lembar Quesioner Lampiran 7.a : Master Tabel Layanan Konseling Lampiran 7.b : Master Tabel Layanan Konseling Lampiran 7.c : Master Tabel Layanan Konseling Lampiran 7.d : Master Tabel Layanan Konseling Lampiran 7.e : Master Tabel Layanan Konseling Lampiran 7.f : Master Tabel Layanan Konseling Lampiran 8.a : Master Tabel Kenakalan Remaja Lampiran 8.b : Master Tabel Kenakalan Remaja Lampiran 8.c : Master Tabel Kenakalan Remaja Lampiran 8.d : Master Tabel Kenakalan Remaja Lampiran 8.e : Master Tabel Kenakalan Remaja Lampiran 8.f : Master Tabel Kenakalan Remaja Lampiran 9.a : Tabel Frekuensi Lampiran 9.b : Tabel Frekuensi Lampiran 10.a : Lembar Konsultasi Lampiran 10.b : Lembar Konsultasi i
DAFTAR PUSTAKA
Andriezens. 2008. Upaya Penanggulangan Perilaku Seks Bebas di Kalangan Remaja. http://mahk0ta.wordpress.com/2008/07/16/upaya-penanggulangan-prilaku-seks-bebas-di-kalangan-remaja/. Diakses 18 Desember 2008
Anonimous. 2007. Dampak Buruk Narkoba. http://www.ramuracik.com/article.aspx?p=1&c=9&sc=31&id=68&tpl=1 . Diakses 28 September 2007
Anonimous. Konseling Kepada Remaja Tentang Kesehatan Reproduksi. http://hqweb01.bkkbn.go.id/hqweb/ceria/mb3konseling.html. Diakses 4 Desember 2007
Antara News. 2008. Pengidap HIV/AIDS Kota Malang. http://www.antara.co.id/arc/2008/5/27/pengidap-hiv-aids-kota-malang-673-orang/. Diakses 18 Desember 2008 Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktik Ed. Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta Astuti, Kamsih. 2007. Jurnal Riset Daerah Desember 2007. Diakses 18 Desember 2008
Damayanti, Rita. 2007. Penelitian HIV. http://www.ui.ac.id/indonesia/main.php?hlm=berita&id=2007-01-12%2008:51:21. Diakses 28 September 2007 Dariyo, Agus. 2004. Psikologi Perkembangan Remaja. Bogor Selatan: Ghalia Indonesia DEPARTEMEN AGAMA RI. 2004. Kesehatan Reproduksi Remaja. Jawa Timur: Bagian Proyek Safe Motherhood Jakarta Pusat
DEPARTEMEN KESEHATAN RI. 2004. Kualitas Sumber Daya Manusia Ditentukan Pendidikan dan Kesehatan. ii
http://www.depkes.go.id/index.php?option=news&task=viewarticle&sid=701&Itemid=2. Diakses 28 September 2007
DEPARTEMEN KESEHATAN RI. 2007. P2M & PL & LITBANGKES. http://www.depkes.go.id/index.php?option=news&task=viewarticle&sid=3035&Itemid=2. Diakses 18 Desember 2008
DEPARTEMEN KESEHATAN RI. 2005. Semua Pihak Berkewajiban Menangani Permasalahan Remaja Berisiko Tinggi. http://www.depkes.go.id/index.php?option=news&task=viewarticle&sid=1084&Itemid=2. Diakses 28 September 2007 Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia
Kompas. 2008. Meningkat Kasus HIV/AIDS di Malang. http://www.kompas.com/read/xml/2008/05/27/09220386/meningkat.kasus.hivaids.di.malang. Diakses 18 Desember 2008
Kusumo, Hariadi. 2007. Kenakalan Remaja Dan Upaya Untuk Mengatasinya. http://www.malang.ac.id/jurnal/fip/bk/1998a.htm#1_6. Diakses 28 September 2007 Mappiare, Andi. _________. Psikologi Remaja. Surabaya: Usaha Nasional
Mukaromah, Yayu. 2007. Mengupayakan Remaja Jadi Sehat. http://www.pikiran-rakyat.com/cetak/2007/062007/17/geulis/binangkit.htm. Diakses 28 September 2007 Nursalam. 2003. Konsep&Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika
Setiono, Lilly H. 2002. Beberapa Permasalahan Remaja. http://www.e-psikologi.com/remaja/130802.htm. Diakses 28 September 2007
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi Dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta iii
Sutarsa. 2008. Press HUT 14 Kisara. http://www.kisara.org/?p=14\. Diakses 13 Desember 2008
Taryadi. 2004. Pendidik Sebaya. http://www.suaramerdeka.com/harian/0411/25/kot18.htm. Diakses 13 Desember 2008
Tempo. 2001. Perang Melelahkan Melawan Narkoba. http://majalah.tempointeraktif.com/id/arsip/2001/05/21/LU/mbm.20010521.LU79421.id.html. Diakses 18 Desember 2008 Willis, Sofyan. 2004. Konseling Individual Teori dan Praktek. Bandung: Alfabeta
Yuda. 2008. Kenakalan Remaja. http://yuda1000.multiply.com/journal/item/6. Diakses 13 Desember 2008
Zulfah, Maria. 2004. Pertemuan Forum Kesehatan Reproduksi DKI Jakarta IV. http://situs.kesrepro.info/info/sep/2004/info02.htm. Diakses 28 September 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar