Sabtu, 29 Januari 2011

LOMBA PAI 2010



ABSTRAK

Kreasi model pembelajaran ini membahas secara kritis terhadap inovasi pembelajaran PAI melalui pemanfaatan ICT di SMA khususnya pada kelas XI. IS terhadap materi khutbah, tabliq dan dakwah berkaitan dengan pemahaman, penjelasan dan mapu mempraktekkannya dengan mengedepankan konsep pembelajaran menyenangkan dan lebih menitikberatkan terhadap kreatifitas peserta didik dalam memahami dan mempraktekkan materi yang dimaksud, sehingga dapat meningkatkan prestasi pembelajaran PAI di lembaga pendidikan sekolah pada tingkat SMA. Model pembelajaran Model pembelajaran kooperatif tipe NHT melalui penerapan media teknologi komputer animasi micromedia flash adalah sebuah model pembelajaran alternatif pada materi akhlak. Penggunaan model ini merupakan penerapan model pembelajaran meningkatkan kesadaran (increasing of awareness) dan terapi realitas (reality therapy) yang keduanya merupakan model, yang bertujuan pada perubahan peserta didik dari yang kurang baik kepada sesuatu yang patut dilakukan oleh peserta didik itu sendiri baik sebagai anggota kelas maupun sebagai anggota masyarakat. Disamping itu juga upaya dalam memberikan apresiasi dan sugesti peserta didik dalam memahami khutbah, tabliq dan dakwah melalui usaha meningkatkan minat, respon serta prestasi peserta didik karena pelaksanaan lebih diorientasikan pada keterlibatan siswa (student centered learning) dalam proses pembelajaran dikelas dan lebih bersifat cooperative learning dimana pengetahuan peserta didik dibangun dan dikembangkan bersama peserta serta transparansi nilai-nilai agama yang direfleksikan melalui analogi personal (pertanyaan yang diajukan merupakan bahan cerminan diri) yang selanjutnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari, dengan demikian meningkatkan motivasi belajar siswa serta prestasi terhadap materi pembelajaran khutbah, tabliq dan dakwah, untuk itu diharapkan kepada guru PAI kedepan untuk memanfaatkan ICT sebagai media dalam pembelajaran.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP

1. Nama Lengkap        
: Muhammad Yani, S.Pd.I, M.Ag
2. Tempat Tgl. Lahir   
: Mns. Beurawang, 21 Juli 1981
3. Pekerjaan               
: Guru Pelajaran PAI SMAN.1 Peukan Bada
4. Alamat                    
: Komplek SMAN.1 Peukan Bada A. Besar
  Jl. Blang Ajuen No. 3  Kec. Peukan Bada
  Kabupaten Aceh Besar.
5. Kontak Person/HP
: 08126968750
5. Pendidikan               :
a. MIN Meureudu, selesai tahun 1993 
b. MTsN Meureudu, selesai tahun 1996
c. SMA Negeri.1 Meureudu, selesai tahun 1999
d. Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry, masuk 1999 selesai tahun 2004
e. S2 IAIN Ar-Raniry, masuk 2006 selesai tahun 2008

6. Karya Tulis Ilmiah (Penelitian, Skripsi, Opini, Buku, Tesis dan lainnya):

  1. Implementasi Tata Tertib Kampus IAIN Ar-Raniry dan Pengaruhnya terhadap Mahasiswa, Penelitian Ilmiah, Dana PUREK – III IAIN Ar-Raniry 2003.
  2. Peranan Orang Tua Terhadap Amaliah Shalat Anak Pasca Pembelajaran di TPQ Plus Baiturrahman Banda Aceh, Skripsi, 2004.
  3. Generasi Muda dan Upaya Pencegahan Nabza, Opini pada Majalah Sumber Post Fak. Dakwah IAIN Ar-Raniry , 2006.
  4. Pandangan Agama dan Moral terhadap Nabza, Makalah pelatihan oleh YAPERA – NAD untuk Narapidana di Rutan Jantho (Aceh Besar) dan Lamlo (Pidie), 2006 dan 2007.
  5. Pandangan Agama dan Moral terhadap Nabza, Makalah pelatihan oleh YAPERA – NAD untuk Pelajar dan Mahasiswa se Kota Banda Aceh,  2007.
  6. Pandangan Agama dan Moral terhadap Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air, Makalah pelatihan oleh YAPERA – NAD untuk Pelajar dan Mahasiswa serta pemuda se Kab. Pidie Jaya,  2007 dan 2008
  7. Resolusi Konplik Dalam Islam: Kajian Normatif dan Historis Persfektif Ulama Dayah, Resensi Buku Karangan Ibrahim Bardan (Abu Panton)
  8. Guru Profesional Menuju Peserta Didik Kreatif, Opini pada Majalah Sumber Post Fak. Dakwah IAIN Ar-Raniry, 2007.
  9. Dinamika Politik dan Pemerintahan Islam, Tulisan dalam buku Prof. Dr. H. Misri A. Muchsin, MA (Editor) Dinamika Sejarah Politik Islam Dalam Periode Awal, Yogyakarta: AK Groop dan Ar-Raniry Prees. Cet. I. 2007.
  10. Pendidikan Agama Islam Melalui Pendekatan Pembiasaan, Lomba Karya Tulis Ilmiah Untuk Guru PAI di SMA Tingkat Nasional,Balitbang Depag RI, 2008.
  11. Sertifikasi Guru dan Motivasi Kerja Guru-Guru Madrasah Se Kota Banda Aceh, Tesis, 2008.
  12. Hijab Wanita Muslimah, Lomba Karya Tulis Ilmiah oleh YCIM, 2009.
  13. Mayarakat Pekerja di Desa Beurawang, Lomba Tulisan Feature dan Opini untuk pembangunan gampong/desa oleh IMPACT, Tahun 2009
  14. Model Pembelajaran Meningkatkan Kecerdasan Social Skills, Lomba Kreasi Pembelajaran Guru PAI SMA Tingkat Nasional, Direktorat Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Depag RI, 2009.
  15. Pendekatan Komunikasi Persuasif Terhadap Dakwah Islam, Opini pada Majalah Sumber Post Fak. Dakwah IAIN Ar-Raniry, 2010.
  16. Agama dan kesehatan reproduksi manusia, Makalah pelatihan oleh PIK KRR untuk Pengurus OSIS dan Totur Sebaya se Kab. Aceh Besar,  2010.
.

.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar